6+ Langkah Mudah Cara Mematikan Blitz Notifikasi iPhone, 100% Berhasil!

  • TeknoGPT
  • Mei 16, 2023
Cara Mematikan Blitz Notifikasi iPhone

Cara Mematikan Blitz Notifikasi iPhone – Halo, Para pengguna iPhone! Apakah kamu pernah merasa notifikasi di iPhone terkadang mengganggu?

Misalnya pas lagi asyik ngobrol, nonton film, atau fokus kerja, tiba-tiba notifikasi dengan blitz-nya datang mengagetkan. Nah, di artikel ini, kita bakal bahas cara mematikan blitz notifikasi iPhone, lho!

Yuk, ikuti terus artikel ini buat dapetin tips-tips keren seputar notifikasi, mulai dari cara mematikan blitz, mengatur notifikasi berdasarkan waktu dan lokasi, hingga mengoptimalkan penggunaan notifikasi.

Di sini, kita juga bakal bahas cara mengaktifkan Mode Jangan Ganggu biar kamu bisa menikmati waktu istirahat atau fokus kerja dengan tenang. Terus, kita juga akan kasih tau cara mengatur notifikasi berdasarkan lokasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, lanjut baca artikel ini buat dapetin info-info menarik dan praktis seputar notifikasi di iPhone.

Semoga setelah ini, notifikasi di iPhone kamu jadi lebih pintar dan nggak mengganggu! Selamat membaca dan semoga bermanfaat yaa.

Mengapa Mematikan Blitz Notifikasi Penting

Nah, teman-teman, siapa nih di antara kalian yang sering merasa gangguan gara-gara blitz notifikasi iPhone yang kerap menyala? Tenang, kalian nggak sendiri!

Banyak orang merasa terganggu dengan blitz notifikasi yang melintas begitu saja, terutama saat sedang asyik bekerja, nongkrong bareng teman, atau bahkan ketika mencoba tidur nyenyak di malam hari.

Mari kita bicara serius sejenak. Mengapa sih mematikan blitz notifikasi itu penting? Ada beberapa alasan nih, di antaranya:

1. Konsentrasi Terjaga

Bayangkan nih, kamu sedang serius mengerjakan tugas atau proyek penting, eh tiba-tiba blitz notifikasi menyala dan mengalihkan perhatianmu.

Bukan cuma gangguan mata, bisa-bisa kamu kehilangan ide brilian yang mau dicatat. Dengan mematikan blitz notifikasi, konsentrasi kamu tetap terjaga dan pekerjaan jadi lebih lancar.

2. Kurangi Stres

Gak sedikit lho orang yang merasa stres karena sering mendapat notifikasi blitz yang berkedip-kedip. Apalagi kalau isinya pesan yang kurang penting atau bahkan spam.

Kalo blitz notifikasinya dimatikan, otomatis kamu nggak bakal merasa terbebani dengan notifikasi yang berdatangan. Emang bener, deh, hidup jadi lebih tentram dan tenang!

3. Hemat Baterai

Yup, kamu nggak salah dengar! Mematikan blitz notifikasi bisa membantu menghemat baterai iPhone. Bayangkan berapa banyak energi yang terbuang sia-sia cuma buat menyalakan blitz notifikasi yang nggak perlu-perlu amat.

Hemat baterai berarti iPhone bisa awet lebih lama, dan kita jadi nggak perlu sering-sering colok charger.

4. Kurangi Kecanduan Gadget

Kita semua tahu bahwa kecanduan gadget itu nggak baik. Dengan mematikan blitz notifikasi, kita jadi nggak sering melirik iPhone dan tergoda buat main gadget terus-menerus. Jadinya, kita bisa lebih fokus pada kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Langkah-langkah Mematikan Blitz Notifikasi iPhone

Nah selanjutnya yuk kita bahas cara mematikan blitz notifikasi iPhone biar hidup kita makin nyaman dan bebas gangguan. Gak perlu pusing, kok! Ikuti aja langkah-langkah berikut ini ya.

1. Buka Pengaturan iPhone

Pertama-tama, buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone kamu. Gampang banget, kan? Ikonnya bergambar roda gigi, warnanya abu-abu. Klik aja.

2. Masuk ke Menu Notifikasi

Nah, setelah berhasil masuk ke “Pengaturan”, sekarang kamu perlu mencari menu “Notifikasi”. Gimana caranya? Tenang aja, nggak susah kok!

Cukup gulir ke bawah sedikit sampai kamu menemukan opsi “Notifikasi” yang ada di antara “Suara & Haptik” dan “Tampilan & Kecerahan”. Ketuk aja tuh “Notifikasi”, dan kita lanjut ke langkah berikutnya. 

3. Pilih Aplikasi yang Ingin Diatur

Di dalam menu “Notifikasi”, kamu akan disuguhi daftar panjang aplikasi yang ada di iPhone kamu. Mungkin ada WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, atau aplikasi lain yang sering mengirim notifikasi.

Nah, inilah saatnya kamu memilih aplikasi yang ingin diatur blitz notifikasinya. Ketuk aja aplikasi yang mau kamu atur, dan kita siap melanjutkan ke langkah berikutnya! 

4. Ubah Pengaturan Notifikasi

Sudah menemukan aplikasi yang ingin diatur blitz notifikasinya? Mantap! Sekarang saatnya mengubah pengaturan notifikasi. Di sini, kamu akan menemukan berbagai opsi yang bisa diutak-atik sesuai keinginan.

Mau ubah suara notifikasi? Bisa! Atau menampilkan pratinjau pesan? Bisa juga! Pokoknya, sesuaikan sesuai selera kamu, ya.

5. Matikan Blitz Notifikasi

Nah, sekarang kita ke poin utama: mematikan blitz notifikasi. Caranya gampang banget, deh. Cari aja opsi “Blitz” atau “Flash” (kadang ada yang namanya beda, tapi intinya sama).

Di situ, kamu akan menemukan tombol yang bisa digeser ke kiri atau kanan. Geser aja tuh tombol ke kiri, atau nonaktifkan, dan… tadaaa! Blitz notifikasi berhasil dimatikan. Selamat menikmati hidup yang lebih tenang, teman-teman!

6. Mengatur Waktu Tidur untuk Notifikasi

Eits, sebelum kita selesai, ada satu lagi nih tips biar notifikasi makin asyik. Kalian pernah dengar tentang waktu tidur notifikasi? Jadi, ini adalah fitur yang memungkinkan kamu mengatur jadwal kapan notifikasi boleh muncul dan kapan harus “tidur” alias nggak mengganggu.

Misalnya, kamu bisa mengatur notifikasi untuk nggak aktif saat kamu tidur malam atau sedang istirahat. 

Caranya, di menu “Notifikasi” yang tadi, kamu bisa mengatur “Waktu Tidur” atau “Quiet Hours” (lagi-lagi, tergantung bahasa iPhone kamu).

Atur aja jam tidur kamu, dan nikmati waktu istirahat yang lebih nyaman tanpa gangguan notifikasi yang berkedip-kedip.

Mematikan Blitz Notifikasi untuk Aplikasi Spesifik

Nah, kalau tadi kita udah bahas cara umum mematikan blitz notifikasi iPhone, sekarang kita mau kasih tips spesial buat kamu yang pengen matiin blitz notifikasi untuk aplikasi tertentu aja. Langsung aja yuk, kita bahas satu per satu!

1. WhatsApp

Siapa nih yang suka diganggu sama blitz notifikasi WhatsApp? Tenang, cara matiinnya gampang kok. Buka aja pengaturan WhatsApp, terus masuk ke menu “Notifikasi”.

Di sana, kamu bakal nemuin opsi “Blitz” atau “Flash”. Geser aja tombolnya ke kiri, dan voilà! Blitz notifikasi WhatsApp udah sukses dimatikan. 

2. Instagram

Nggak mau ketinggalan, Instagram juga punya blitz notifikasi, lho! Cara matiinnya? Gampang! Buka aja profil Instagram kamu, ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas, terus pilih “Pengaturan”, dan klik “Notifikasi”.

Di sini, kamu bisa nonaktifkan opsi “Blitz” atau “Flash”

3. Facebook

Jangan khawatir, buat kamu yang sering diganggu blitz notifikasi Facebook, solusinya ada di sini!

  1. Buka aja aplikasi Facebook
  2. masuk ke menu “Pengaturan & Privasi”
  3. terus pilih “Pengaturan Notifikasi”.

Di situ, kamu tinggal nonaktifkan opsi “Blitz” atau “Flash”, dan hidup pun jadi lebih tentram. 

4. Twitter

Mau nge-tweet tanpa gangguan blitz notifikasi? Gampang banget, kok! Buka pengaturan Twitter, masuk ke menu “Notifikasi”, dan temukan opsi “Blitz” atau “Flash”. Nonaktifkan aja tuh tombol.

5. Email

Last but not least, kita bahas cara mematikan blitz notifikasi Email. Buka aplikasi Email, masuk ke menu “Pengaturan”, terus pilih akun email yang pengen kamu atur.

Di bawah pengaturan notifikasi, kamu bakal nemuin opsi “Blitz” atau “Flash”. Tinggal nonaktifkan aja, dan kamu bisa mengecek email dengan lebih tenang tanpa gangguan blitz notifikasi.

Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu

Selain mematikan blitz notifikasi, ada cara lain, nih, buat kamu yang pengen tetap kalem dan nggak diganggu oleh berbagai notifikasi yang ada di iPhone.

Caranya adalah dengan mengaktifkan “Mode Jangan Ganggu”. Penasaran? Yuk, kita bahas!

1. Fungsi Mode Jangan Ganggu

Mode Jangan Ganggu ini adalah fitur yang emang disediain sama iPhone buat ngebantu kamu menenangkan diri dari notifikasi-notifikasi yang berisik.

Ketika mode ini diaktifkan, iPhone bakal menahan semua notifikasi yang masuk, termasuk panggilan telepon, pesan, dan berbagai notifikasi lainnya.

Jadi, kamu bisa menikmati waktu istirahat atau fokus kerja dengan lebih nyaman dan tenang.

Cara Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu

Untuk mengaktifkan Mode Jangan Ganggu, caranya gampang banget! Ikuti aja langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka “Pengaturan” di iPhone kamu. (Ikonnya yang bergambar roda gigi warna abu-abu itu, lho!)
  2. Cari opsi “Jangan Ganggu” atau “Do Not Disturb” (kadang ada yang namanya beda, tapi intinya sama). Ketuk aja tuh opsi.
  3. Di sini, kamu bakal nemuin tombol yang bisa digeser ke kiri atau kanan. Geser aja tuh tombol ke kanan untuk mengaktifkan Mode Jangan Ganggu. Tadaaa! Kamu udah berhasil mengaktifkan mode ini. 
  4. Kalau mau, kamu juga bisa mengatur jadwal waktu kapan Mode Jangan Ganggu ini aktif. Misalnya, mau diaktifkan pas jam tidur aja atau saat kamu lagi kerja. Bebas, deh! Atur sesuai kebutuhan kamu aja, ya. 

Mengatur Notifikasi Berdasarkan Waktu dan Lokasi

Hayo, siapa di sini yang pengen notifikasinya lebih pintar dan bisa menyesuaikan diri dengan waktu dan lokasi? Eits, jangan khawatir, kita punya solusi nih buat kamu!

iPhone punya fitur keren yang bisa mengatur notifikasi berdasarkan waktu dan lokasi. Penasaran? Yuk, kita bahas.

Pertama-tama, kita bahas dulu nih cara mengatur notifikasi berdasarkan waktu. Kamu bisa mengatur notifikasi untuk muncul atau nggak muncul di jam-jam tertentu.

Misalnya, kamu bisa mengatur notifikasi supaya nggak mengganggu saat kamu tidur atau lagi fokus bekerja.

Caranya? Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu dan mengatur jadwalnya seperti yang udah kita bahas sebelumnya. Gampang kan? 

Selanjutnya, kita bahas cara mengatur notifikasi berdasarkan lokasi. Fitur ini bisa berguna banget buat kamu yang pengen notifikasi muncul atau nggak muncul tergantung di mana kamu berada.

Misalnya, kamu bisa mengatur notifikasi supaya muncul saat di rumah tapi nggak mengganggu saat lagi di kantor. 

Caranya gini:

  1. Buka aplikasi “Pengingat” atau “Reminders” di iPhone kamu. (Iya, kita bakal manfaatkan aplikasi ini buat mengatur notifikasi berdasarkan lokasi. Keren, kan?)
  2. Buat pengingat baru dengan mengetuk tombol “+” di pojok kanan atas.
  3. Tulis judul pengingatnya, terus ketuk tombol “i” yang ada di sebelah kanan.
  4. Di sini, kamu bisa mengaktifkan opsi “Ingatkan saat tiba” atau “Ingatkan saat pergi”.
  5. Pilih lokasi yang kamu inginkan, misalnya rumah atau kantor.
  6. Selesai deh! Sekarang, iPhone kamu bakal mengirim notifikasi sesuai lokasi yang udah kamu atur. 

Tips untuk Mengoptimalkan Penggunaan Notifikasi

Mau notifikasi kamu lebih asyik dan nggak mengganggu kehidupan sehari-hari? Tenang, kita punya tips-tips keren buat mengoptimalkan penggunaan notifikasi di iPhone! Yuk, kita bahas dengan gaya bahasa yang fun dan santai! 

1. Pertimbangkan Prioritas Notifikasi

Pertama, kita bahas tentang pentingnya menentukan prioritas notifikasi. Cobalah untuk memikirkan aplikasi apa yang paling penting buat kamu dan atur notifikasinya agar lebih mudah dilihat.

Misalnya, notifikasi dari aplikasi email atau WhatsApp mungkin lebih penting daripada notifikasi game yang sering muncul.

Kalau udah tau mana yang penting, kamu bisa fokus ke notifikasi yang bener-bener perlu dan nggak keganggu sama notifikasi yang kurang berguna. 

2. Manfaatkan Fitur Grup Notifikasi

Fitur kedua yang perlu kamu coba adalah “Grup Notifikasi”. iPhone udah pinter banget, lho, bisa mengelompokkan notifikasi berdasarkan aplikasi atau topik yang sama.

Jadi, misalnya kamu punya banyak notifikasi dari aplikasi chat, iPhone bakal mengelompokkannya jadi satu grup biar lebih rapi dan nggak bikin pusing.

Buat mengaktifkan fitur ini, kamu tinggal buka “Pengaturan”, pilih “Notifikasi”, terus aktifkan opsi “Grup Notifikasi”. Gampang kan?

3. Batasi Jumlah Notifikasi yang Diterima

Terakhir, tips yang nggak kalah penting adalah membatasi jumlah notifikasi yang diterima. Kita tahu, kadang notifikasi bisa mengganggu banget, apalagi kalau jumlahnya banyak banget.

Solusinya, kamu bisa mengatur jumlah notifikasi yang masuk dari setiap aplikasi. Caranya, buka “Pengaturan”, pilih “Notifikasi”, terus pilih aplikasi yang ingin kamu atur.

Di sini, kamu bisa mengatur berbagai hal, seperti mematikan notifikasi atau mengatur jumlah notifikasi yang diterima.

Kesimpulan

Nah, Sobat iPhone, setelah kita bahas tuntas cara-cara mematikan blitz notifikasi, mengatur notifikasi berdasarkan waktu dan lokasi, serta tips-tips mengoptimalkan penggunaan notifikasi, saatnya kita simpulkan semuanya.

Intinya, notifikasi di iPhone itu bisa kamu atur sesuai keinginan dan kebutuhan, lho! 

Pertama-tama, kita bisa mematikan blitz notifikasi dengan mudah melalui menu Pengaturan. Kamu juga bisa mengatur notifikasi buat aplikasi spesifik, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Terus, kalau mau, kamu bisa mengaktifkan Mode Jangan Ganggu biar nggak diganggu oleh notifikasi saat istirahat atau fokus kerja. 

Selain itu, kita juga bisa mengatur notifikasi berdasarkan waktu dan lokasi. Dengan fitur ini, notifikasi di iPhone kamu bisa lebih pintar dan nggak mengganggu.

Terakhir, jangan lupa coba tips-tips mengoptimalkan penggunaan notifikasi yang udah kita bahas tadi. Dengan begitu, kamu bisa menikmati kehidupan sehari-hari yang lebih asyik dan nggak terganggu oleh notifikasi yang berisik. 

Nah sekian artikel mengenai Cara Mematikan Blitz Notifikasi iPhone semoga artikel ini bisa membantu masalahmu ya… Jangan lupa baca artikel dari TeknoGPT lainnya ya.

FAQ

Apakah mematikan blitz notifikasi bisa menghemat baterai iPhone?

Tentu saja, Sobat iPhone! Dengan mematikan blitz notifikasi, kamu nggak cuma mengurangi gangguan saat menggunakan iPhone, tapi juga bisa menghemat baterai. Soalnya, blitz notifikasi itu memakai daya baterai saat menyala, jadi kalau dimatikan, otomatis baterai lebih awet. 

Gimana cara menonaktifkan notifikasi di layar kunci iPhone?

Wah, pertanyaan yang menarik nih! Buat menonaktifkan notifikasi di layar kunci iPhone, kamu tinggal buka “Pengaturan”, pilih “Notifikasi”, terus pilih aplikasi yang ingin diatur. Di sana, kamu bisa matikan opsi “Tampil di Layar Kunci”. 

Kalau saya ingin mengatur notifikasi agar berbunyi saat ada panggilan masuk dari kontak tertentu, gimana caranya?

Kamu bisa lho, Sobat iPhone! Untuk mengatur notifikasi suara khusus buat kontak tertentu, kamu tinggal buka aplikasi “Kontak” terus pilih kontak yang ingin diatur. Ketuk “Edit”, lalu pilih “Nada Derings” atau “Nada Pesan” dan pilih nada yang kamu suka. Jadi deh, iPhone kamu bakal berbunyi khusus buat kontak yang kamu pilih! 

Apakah ada aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu mengatur notifikasi di iPhone?

Tentu, Sobat iPhone! Banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu mengatur notifikasi di iPhone, seperti aplikasi yang membantu mengelompokkan notifikasi, mengatur prioritas notifikasi, dan lain-lain. Cari aja di App Store, pasti banyak pilihan yang bisa kamu coba!

Apakah mengaktifkan Mode Jangan Ganggu bisa menghentikan semua notifikasi di iPhone?

Mode Jangan Ganggu memang bisa menghentikan sebagian besar notifikasi, tapi ada beberapa notifikasi yang tetap bisa muncul, lho. Misalnya, notifikasi dari kontak favorit atau panggilan darurat. Jadi, kamu tetap bisa menikmati fitur penting di iPhone meski Mode Jangan Ganggu aktif. 

Post Terkait :