3+ Metode Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Dipaksa Berhenti

  • TeknoGPT
  • Okt 14, 2023
Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Dipaksa Berhenti

Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Dipaksa Berhenti – Pernahkah Kamu merasa sebal saat aplikasi favorit tiba-tiba berhenti saat sedang seru-serunya digunakan? Atau saat tengah penting-pentingnya bekerja, tiba-tiba aplikasi yang kamu andalkan ‘mogok’?

Nah, percayalah, Kamu nggak sendirian! Banyak dari kita yang sering mengalami hal serupa dan bertanya-tanya, “Kenapa sih ini bisa terjadi?”

Nah, daripada cuma bingung dan sebal, mendingan yuk kita cari tahu penyebab dan solusi dari masalah ini. Dalam artikel ini, kita bakal ngobrol santai seputar alasan aplikasi sering ‘ngambek’ dan gimana cara mengatasinya.

Jangan sampai kamu lewatkan ya, karena siapa tahu, jawaban atas permasalahanmu ada di sini! Ayo, lanjutkan baca dan temukan rahasia di balik aplikasi yang ‘nakal’! 😉📱🎉

Mengapa Aplikasi Sering Dipaksa Berhenti?

Pernah nggak sih merasa kesal karena aplikasi yang Kamu gunakan tiba-tiba berhenti? Atau malah sering banget? Nah, mari kita coba ulik bersama apa sih yang jadi biang keroknya.

Kesalahan dalam kode aplikasi

Kamu tahu nggak? Sama seperti resep masakan, aplikasi itu punya ‘resep’ atau kode tertentu yang bikin dia bisa jalan dengan baik. Namun, kadang-kadang bisa saja ada kesalahan atau ‘bug’ dalam kode tersebut.

Bayangkan saja, kamu lupa memberikan garam saat memasak. Hasilnya? Masakan jadi hambar dan kurang enak.

Begitu juga dengan aplikasi. Jika ada kesalahan dalam kodenya, aplikasi bisa jadi tak berjalan semestinya atau bahkan berhenti tiba-tiba.

Kegagalan sistem operasi

Kamu bisa bayangin nggak sih, bagaimana jadinya kalau fondasi rumahmu tiba-tiba goyah? Nah, sistem operasi itu ibarat fondasi bagi aplikasi.

Jika sistem operasi mengalami gangguan atau kegagalan, maka aplikasi yang ‘berdiri’ di atasnya pun bisa terganggu dan dipaksa berhenti.

Keterbatasan sumber daya perangkat (RAM, CPU)

Bayangkan Kamu sedang berbelanja di supermarket yang super ramai dan sempit. Pasti susah kan bergerak dan mungkin bisa-bisa Kamu memilih untuk keluar saja daripada berdesakan?

Nah, begitu juga dengan aplikasi. Jika RAM atau CPU perangkat Kamu penuh atau terlalu banyak beban, aplikasi bisa kesulitan ‘bergerak’ dan akhirnya memilih untuk ‘keluar’ atau berhenti.

Aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi sistem operasi

Ini ibarat kamu pakai baju yang kekecilan atau kebesaran. Tak nyaman kan? Sama halnya dengan aplikasi.

Jika aplikasi yang kamu gunakan tidak cocok atau tidak kompatibel dengan versi sistem operasi yang Kamu miliki, ya jadinya ‘tidak nyaman’ untuk berjalan dan bisa berhenti dengan paksa.

Jadi, itu tadi beberapa alasan mengapa aplikasi Kamu bisa berhenti dengan paksa.

Pastinya, dengan mengetahui penyebabnya, Kamu jadi lebih paham dan bisa mengambil langkah-langkah pencegahan atau perbaikan yang tepat.

Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Dipaksa Berhenti

Pernahkah Kamu mengalami momen dimana aplikasi yang sedang Kamu gunakan tiba-tiba berhenti? Sebel, kan? Tenang, nggak usah panik.

Yuk, kita cari tahu solusi untuk mengatasinya berdasarkan jenis perangkat yang Kamu gunakan.

1. Pada Perangkat Android

Tau nggak sih, Android itu punya beberapa cara sederhana buat mengatasi aplikasi yang ‘nakal’ ini. Coba deh langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi seperti biasa – Nggak perlu panik dulu. Coba buka kembali aplikasinya. Siapa tahu, dia hanya butuh ‘istirahat’ sebentar.
  • Ketuk info apps – Buka daftar aplikasi yang ada di perangkatmu, lalu ketuk pada aplikasi yang bermasalah untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentangnya.
  • Melalui pengaturan (Settings) – Jika kedua cara di atas nggak mempan, coba masuk ke pengaturan. Di sana, Kamu bisa mencari aplikasi yang bermasalah dan melakukan beberapa tindakan seperti menghapus cache atau bahkan menginstal ulang aplikasinya.

2. Pada Perangkat iOS

Nah, buat Kamu pengguna setia Apple, jangan merasa ketinggalan. Ada juga lho cara-cara khusus untuk mengatasi aplikasi yang berhenti di iOS:

  • Menutup dan membuka kembali app – Kadang, aplikasi hanya butuh ‘refresh’ sebentar. Cobalah tutup aplikasinya, dan buka kembali.
  • Memulai ulang perangkat (Restart) – Mirip seperti Kamu yang kadang butuh tidur untuk memulai hari yang baru, perangkatmu juga demikian. Cobalah restart perangkatmu.
  • Memeriksa pembaruan – Mungkin saja ada pembaruan yang belum Kamu instal yang bisa memperbaiki masalah ini.
  • Menghapus app, lalu mengunduh ulang app – Kalau cara-cara di atas masih belum mempan, mungkin saatnya untuk menghapus dan mengunduh ulang aplikasi yang bermasalah.
  • Mendapatkan bantuan lainnya – Jika semua upaya sudah Kamu coba, mungkin saatnya mencari bantuan lebih lanjut, seperti menghubungi pusat layanan Apple atau mengunjungi forum diskusi.

3. Pada Perangkat Windows

Pengguna Windows, Kamu nggak perlu merasa ditinggalkan. Ada beberapa trik juga untuk mengatasi masalah ini:

  • Menggunakan Task Manager – Task Manager itu ibarat petugas keamanan yang bisa mengendalikan kerumunan aplikasi di perangkatmu. Jika ada yang bermasalah, Task Manager bisa ‘menyuruhnya’ untuk berhenti.
  • Menekan tombol Windows + R secara bersamaan di keyboard – Ini akan membuka jendela ‘Run’. Praktis banget buat Kamu yang suka shortcut.
  • Mengetik ‘taskmgr’ pada kolom yang tersedia – Setelah jendela ‘Run’ terbuka, ketik ‘taskmgr’. Ini akan langsung membuka Task Manager tanpa harus repot-repot mencarinya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Kamu coba untuk mengatasi aplikasi yang tiba-tiba berhenti. Semoga membantu!

Solusi Umum yang Bisa Diterapkan 

Setelah kita udah ngobrol soal penyebab aplikasi yang tiba-tiba berhenti, pasti kamu penasaran dong dengan solusi umum yang bisa diaplikasikan?

Yuk, kita ulas satu persatu agar perangkatmu kembali fit dan aplikasi-aplikasinya berjalan dengan lancar!

1. Pastikan Aplikasi dan Sistem Operasi Diperbarui ke Versi Terbaru

Kamu tau nggak? Seringkali, developer dari aplikasi atau sistem operasi yang Kamu gunakan itu rajin banget memberikan pembaruan. Bukan tanpa alasan, lho.

Biasanya, pembaruan ini berisi perbaikan-perbaikan dari bug atau masalah yang sebelumnya ada.

Jadi, kalau Kamu sering mengalami masalah dengan aplikasi tertentu, coba deh cek apakah ada pembaruan yang belum kamu instal.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Bayangin deh, kamar kamu yang berantakan dan penuh dengan barang-barang yang nggak kamu gunakan lagi. Susah kan bergerak dan nyari barang?

Nah, cache dan data yang menumpuk di aplikasi itu mirip-mirip dengan barang-barang di kamar kamu tadi. Dengan menghapus cache dan data, aplikasi bisa ‘bernafas’ lebih lega dan berjalan dengan lebih optimal.

3. Gunakan Alat Perbaikan Perangkat Lunak seperti ReiBoot untuk Android dan iOS

Kadang-kadang, masalah yang Kamu hadapi itu butuh ‘pertolongan khusus’. Alat perbaikan perangkat lunak, seperti ReiBoot, itu ibarat dokter spesialis buat perangkatmu.

Dengan alat ini, masalah-masalah yang lebih kompleks bisa teratasi dengan mudah. Jadi, kalau kamu merasa sudah mencoba berbagai cara dan tetap saja aplikasi berhenti dengan paksa, mungkin saatnya kamu mencoba solusi satu ini.

Tips Pencegahan Aplikasi Berhenti Secara Tiba-tiba

Siapa sih yang suka dengan aplikasi yang tiba-tiba berhenti saat lagi asyik-asyiknya digunakan? Pasti nggak ada, kan?

Nah, biar kamu nggak kesal lagi karena aplikasi yang suka ‘ngambek’, yuk simak beberapa tips pencegahan agar aplikasi di perangkatmu nggak berhenti mendadak!

Jangan Menginstal Aplikasi dari Sumber yang Tidak Dikenal atau Tidak Tepercaya

Tau nggak, Kamu? Sumber dari mana kamu mengunduh aplikasi itu penting banget lho. Bayangin aja, kalau kamu makan makanan dari sumber yang nggak jelas, bisa-bisa kamu sakit, kan?

Nah, sama halnya dengan perangkatmu. Mengunduh aplikasi dari sumber yang nggak tepercaya bisa menyebabkan masalah, bahkan bisa jadi ada ‘virus’ yang ikutan masuk.

Jadi, selalu pastikan untuk mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi atau sumber yang sudah dikenal reputasinya.

Pastikan Perangkat Kamu Memiliki Cukup Ruang Penyimpanan dan Sumber Daya untuk Menjalankan Aplikasi

Kamu pernah ngerasa lemes gara-gara kecapekan? Nah, perangkatmu juga bisa ‘lemes’ lho, terutama kalau ruang penyimpanannya udah penuh atau sumber dayanya terlalu banyak dipakai.

Sebelum menginstal aplikasi baru, coba deh cek dulu ruang penyimpanan dan pastikan CPU serta RAM-nya nggak terlalu banyak dipakai. Dengan begitu, aplikasi yang kamu jalankan bisa ‘bernapas’ dengan lega.

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan untuk Mengurangi Beban pada Perangkat

Bayangin aja, kalau kamu disuruh kerja non-stop tanpa istirahat, pasti capek kan? Nah, perangkatmu juga demikian.

Aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang, meski nggak kamu gunakan, tetap memakan sumber daya. Jadi, kalau kamu sudah selesai dengan sebuah aplikasi, lebih baik tutup saja.

Dengan begitu, kamu bisa mengurangi beban pada perangkat dan mencegah aplikasi lainnya untuk berhenti dengan paksa.

Kesimpulan

Yuk, kita rangkum cerita kita tadi! Kamu tentunya nggak mau dong aplikasi yang lagi asyik dipakai tiba-tiba ‘ngambek’? Nah, untuk mencegah hal itu, pastikan dulu sumber unduhan aplikasimu aman dan terpercaya.

Lalu, ingat juga untuk selalu beres-beres ‘kamar’ perangkatmu dengan memastikan ada cukup ruang penyimpanan dan sumber daya yang nggak kebanyakan dipakai.

Oh iya, jangan lupa juga untuk selalu ‘istirahatkan’ aplikasi yang udah nggak kamu gunakan. Gampang kan? Dengan sedikit perhatian dan kebiasaan baik, Kamu bisa menjauhkan diri dari masalah aplikasi yang berhenti mendadak.

Jadi, yuk mulai sekarang perhatikan lagi ‘kesehatan’ perangkatmu. Karena sebuah perangkat yang sehat tentu akan memberikan performa terbaik untuk mendukung aktivitas kamu sehari-hari.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya! Terus semangat dan jaga selalu perangkat kesayanganmu! 😉📱🚀

FAQ Terkait Aplikasi yang Berhenti Mendadak

Apakah menginstal banyak aplikasi dapat mempengaruhi kinerja perangkat?

Tentu saja! Menginstal banyak aplikasi, terutama yang berjalan di latar belakang, dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Hal ini karena setiap aplikasi memerlukan sumber daya, seperti RAM dan CPU. Jadi, sebaiknya sesuaikan jumlah aplikasi dengan kapasitas perangkatmu.

Adakah cara lain untuk mengetahui sumber unduhan yang aman selain dari toko aplikasi resmi?

Ya, selalu periksa ulasan dan rating dari aplikasi tersebut sebelum mengunduh. Juga, konsultasikan dengan komunitas atau forum terkait untuk mendapatkan rekomendasi sumber unduhan yang aman.

Apa yang harus dilakukan jika setelah melakukan semua tips, aplikasi masih saja berhenti mendadak?

Pertimbangkan untuk konsultasi dengan pusat layanan resmi dari perangkatmu atau kunjungi forum khusus untuk mencari solusi. Terkadang, masalah bisa bersumber dari kerusakan hardware atau masalah lain yang lebih teknis.

Apakah perlu melakukan backup data sebelum menghapus cache dan data aplikasi?

Sebagai langkah pencegahan, disarankan untuk melakukan backup, terutama jika aplikasi tersebut menyimpan data penting. Walaupun menghapus cache biasanya tidak menghilangkan data utama, lebih baik selalu berhati-hati.

Apakah sering melakukan restart perangkat dapat merusaknya?

Tidak. Melakukan restart secara berkala justru bisa membantu dalam menyegarkan kinerja perangkat dan menutup aplikasi yang tidak perlu. Namun, jangan terlalu sering melakukan ‘hard restart’ atau memaksa perangkat mati, karena ini dapat mempengaruhi kesehatan baterai dan komponen lainnya.

Post Terkait :