6+ Metode Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Nomor Telepon

  • TeknoGPT
  • Mei 25, 2024
Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Nomor Telepon

Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Nomor Telepon – Kamu pernah kepikiran gak sih, gimana caranya pakai WhatsApp tanpa nomor telepon? Mungkin terdengar aneh, tapi ini beneran bisa dilakukan! Bayangkan kamu bisa tetap terhubung dengan teman dan keluarga tanpa harus ngasih tahu nomor HP pribadi.

Ini bisa jadi solusi buat kamu yang pengen jaga privasi atau sekedar coba sesuatu yang baru. Artikel ini akan kasih kamu berbagai cara keren dan praktis untuk pakai WhatsApp tanpa nomor telepon.

Mulai dari pakai nomor telepon rumah, aplikasi virtual seperti TextNow, hingga nomor luar negeri dan sekali pakai. Setiap metode punya langkah-langkah jelas yang mudah diikuti.

Jadi, buat kamu yang penasaran atau emang butuh, artikel ini bakal jadi panduan lengkap termasuk cara melihat log panggilan di whatsapp web. Yuk, kita mulai eksplorasi cara-cara seru ini dan lihat mana yang paling cocok buat kamu!

1. Menggunakan Nomor Telepon Rumah

Kalau masih berlangganan telepon rumah, Anda bisa pakai nomor itu untuk verifikasi WhatsApp tanpa perlu nomor HP. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan Instal WhatsApp – Download dan pasang aplikasi WhatsApp atau WhatsApp Business di ponsel Anda. (1 2 3 4)
  2. Buka WhatsApp –¬†Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih bahasa yang akan digunakan dan pelajari juga cara mengetahui durasi panggilan WhatsApp. (1)
  3. Masukkan Nomor Telepon Rumah –¬†WhatsApp akan meminta Anda memilih kode negara dan memasukkan nomor telepon, dan ini juga bisa membantu anda melihat riwayat panggilan yang terhapus. Masukkan nomor telepon rumah Anda (hapus angka ‘0’ di awal nomor jika ada). (1 2 3 4)
  4. Proses Verifikasi SMS Gagal – Tunggu sampai proses verifikasi melalui SMS gagal karena Anda pakai nomor telepon rumah. (2 3 4)
  5. Pilih Opsi “Call Me” – Setelah itu, WhatsApp akan menampilkan opsi “Call Me” atau “Panggil Saya”. Ketuk opsi tersebut. (2 3 4)
  6. Dapatkan Kode Verifikasi – Anda akan menerima panggilan telepon di nomor rumah. Suara otomatis akan menyebutkan kode verifikasi 6 digit. (2 3 4)
  7. Masukkan Kode Verifikasi –¬†Catat kode verifikasi tersebut, lalu masukkan ke aplikasi WhatsApp dan jangan lupa juga untuk memanfaatkan fitur tersembunyi whatsapp web. (1 3 4)
  8. Selesaikan Pengaturan – Setelah verifikasi berhasil, Anda bisa melengkapi pengaturan seperti menambahkan foto profil dan nama. (3 4)

Dengan begitu, akun WhatsApp Anda sudah aktif dan siap digunakan dengan nomor telepon rumah. Ini adalah cara alternatif untuk menjaga privasi nomor ponsel atau jika Anda tidak punya nomor HP aktif untuk pendaftaran WhatsApp.

2. Memakai Aplikasi TextNow

TextNow adalah aplikasi yang menyediakan nomor telepon virtual gratis. Nomor ini bisa digunakan untuk verifikasi WhatsApp di Android. Berikut langkah-langkah menggunakan TextNow untuk mendaftar WhatsApp tanpa nomor HP:

  1. Download dan Instal TextNow – Unduh aplikasi TextNow dari Google Play Store dan instal di ponsel Android Anda. (1 3)
  2. Buat Akun di TextNow – Buka aplikasi TextNow, lalu buat akun baru atau login menggunakan akun Google Anda. (1 3)
  3. Dapatkan Nomor Virtual – Setelah login, Anda akan mendapatkan nomor telepon virtual dengan kode area Amerika Serikat secara gratis. (1 3)
  4. Buka WhatsApp – Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih opsi “Setuju dan Lanjutkan”. (3)
  5. Masukkan Nomor TextNow – Masukkan nomor telepon virtual dari TextNow pada kolom verifikasi WhatsApp. (1 3)
  6. Tunggu Kode OTP – Tunggu beberapa saat hingga WhatsApp mengirimkan kode OTP (One-Time Password) melalui SMS ke nomor TextNow. (3)
  7. Cek Pesan di TextNow – Buka kembali aplikasi TextNow, lalu klik nomor telepon untuk melihat pesan masuk yang berisi kode verifikasi WhatsApp. (3)
  8. Masukkan Kode OTP – Salin kode OTP tersebut, lalu masukkan ke aplikasi WhatsApp untuk menyelesaikan proses verifikasi. (1 3)
  9. Selesai! – Setelah verifikasi berhasil, akun WhatsApp Anda sudah aktif dan siap digunakan dengan nomor virtual TextNow. (1 3)

Perlu diingat, WhatsApp kadang memblokir nomor virtual yang dianggap mencurigakan, jadi cara ini mungkin tidak selalu berhasil.

Pastikan untuk menggunakan nomor TextNow hanya untuk keperluan yang positif dan sesuai ketentuan penggunaan WhatsApp.

3. Menggunakan Nomor Darurat

Beberapa merek HP memungkinkan penggunaan nomor darurat untuk verifikasi WhatsApp. Ini langkah-langkahnya:

  1. Cabut Kartu SIM – Keluarkan kartu SIM dari HP Anda sementara waktu. (4 9 18)
  2. Aktifkan WhatsApp dengan WiFi – Buka aplikasi WhatsApp dan pastikan Anda terhubung ke WiFi. (4 9 18)
  3. Masukkan Nomor Darurat – Pada tahap verifikasi, masukkan nomor darurat seperti 112 pada kolom nomor telepon. (4 9 17 18)
  4. Abaikan Permintaan Verifikasi SMS – Abaikan permintaan verifikasi melalui SMS dan tunggu hingga muncul opsi verifikasi via panggilan telepon (“Call Me”). (4 9 17 18)
  5. Pilih Opsi “Call Me” – Pilih opsi “Call Me” tersebut dan Anda akan menerima panggilan telepon yang menyebutkan kode verifikasi. (4 9 17)
  6. Catat Kode Verifikasi – Catat kode verifikasi yang disebutkan saat panggilan telepon dan masukkan ke aplikasi WhatsApp. (4 9 17)
  7. Selesai! – Setelah verifikasi berhasil, akun WhatsApp Anda sudah siap digunakan. (4 9)

Perlu diingat, nomor darurat seperti 112 hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat yang sebenarnya dan bukan untuk verifikasi WhatsApp. Penyalahgunaan nomor darurat bisa dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. (10 12 13)

Selain itu, cara ini mungkin tidak selalu berhasil tergantung kebijakan operator dan merek HP yang digunakan. Jika mengalami kendala saat verifikasi WhatsApp, sebaiknya gunakan nomor telepon aktif yang valid. (9 17 14)

4. Memanfaatkan Fitur Login Tanpa Nomor HP di WhatsApp

WhatsApp sekarang punya fitur login tanpa nomor HP menggunakan email. Begini caranya:

  1. Buka Pengaturan WhatsApp – Masuk ke menu Setelan > Akun > Verifikasi Dua Langkah di aplikasi WhatsApp. (3 8 11 12 13 14 16)
  2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah – Aktifkan verifikasi dua langkah dan tambahkan alamat email aktif yang ingin Anda gunakan. (3 8 12 13 14 16 19)
  3. Verifikasi Email – Verifikasi alamat email tersebut dengan memasukkan kode yang dikirimkan oleh WhatsApp. (12 13 16 19)
  4. Login di Perangkat Baru – Saat ingin login WhatsApp di perangkat baru, pilih opsi “Verifikasi melalui Email” ketika diminta memasukkan nomor telepon. (3 8 11 12 13 14 16)
  5. Masukkan Email yang Ditautkan – Masukkan alamat email yang sudah ditautkan sebelumnya. (8 12 13 14 16 19)
  6. Gunakan Kode Verifikasi – Kode verifikasi akan dikirimkan ke email tersebut. Gunakan kode itu untuk menyelesaikan proses login tanpa perlu memasukkan nomor HP. (3 8 11 12 13 14 16 19)

Fitur ini memudahkan pengguna untuk tetap mengakses WhatsApp meski tidak punya koneksi seluler atau jika nomor yang terdaftar sedang tidak aktif. Namun, alamat email hanya berfungsi sebagai metode login alternatif dan tidak menggantikan nomor telepon.

5. Menggunakan Nomor Luar Negeri

Kalau sering bepergian ke luar negeri, Anda bisa beli nomor telepon lokal di negara tersebut untuk mendaftar WhatsApp. Dengan nomor ini, Anda bisa tetap terhubung dengan kontak WhatsApp meski tidak pakai nomor HP lokal. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Beli Kartu SIM Prabayar Lokal – Saat tiba di luar negeri, beli kartu SIM prabayar lokal. Aktifkan paket data atau WiFi agar bisa terhubung ke internet. (1 3 4 7)
  2. Masukkan Kartu SIM ke HP – Masukkan kartu SIM ke HP Anda, lalu buka aplikasi WhatsApp. (6)
  3. Setuju dan Lanjutkan – Pilih opsi “Setuju dan Lanjutkan”, lalu izinkan WhatsApp untuk mengakses kontak, foto, media, dan file di HP. (6)
  4. Pilih Negara – Pilih negara tempat Anda membeli nomor di daftar yang tersedia. Kode negara akan terisi otomatis. (1 6)
  5. Masukkan Nomor Telepon – Masukkan nomor telepon luar negeri yang baru Anda dapatkan di kotak sebelah kanan. (1 6)
  6. Kode Verifikasi – Ketuk “Berikutnya” dan tunggu WhatsApp mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor tersebut. (6 7)
  7. Masukkan Kode Verifikasi – Masukkan kode verifikasi yang diterima. Jika tidak menerima SMS, pilih opsi “Panggil Saya” agar WhatsApp menelepon untuk menyebutkan kodenya. (7)
  8. Lanjutkan Pendaftaran – Setelah verifikasi berhasil, lanjutkan proses pendaftaran seperti mengatur nama, foto profil, dan lainnya. (1)

Dengan nomor luar negeri, akun WhatsApp Anda akan menampilkan kode negara tempat nomor tersebut berasal, misalnya +1 untuk Amerika Serikat atau +44 untuk Inggris. (1 2 3 4)

Pastikan nomor yang digunakan valid dan aktif agar proses verifikasi berjalan lancar. Perhatikan juga masa aktif kartu SIM agar nomor tidak hangus saat sedang digunakan untuk WhatsApp. (5 7)

Cara ini cocok bagi yang sering bepergian lintas negara dan ingin menjaga privasi nomor HP utamanya. Namun, biaya roaming mungkin berlaku saat menggunakan nomor luar negeri, kecuali Anda terhubung ke WiFi. (5 7)

6. Pakai Nomor Sekali Pakai

Layanan seperti Temp-Number dan Receive SMS menyediakan nomor telepon sekali pakai yang bisa digunakan untuk verifikasi online, termasuk WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi Situs Penyedia Layanan – Kunjungi situs web penyedia layanan nomor sekali pakai seperti Temp-Number atau Receive SMS. (1 3)
  2. Pilih Negara Asal Nomor – Pilih negara asal nomor yang diinginkan. Umumnya, tersedia nomor dari berbagai negara. (1 3)
  3. Pesan Nomor Sekali Pakai – Beli atau pesan nomor sekali pakai dengan membayar biaya yang ditentukan. (1 3)
  4. Terima Nomor Sekali Pakai – Nomor akan dikirimkan ke email atau akun Anda di situs tersebut. (3)
  5. Buka WhatsApp dan Masukkan Nomor – Buka aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor sekali pakai saat diminta untuk verifikasi. (1 3)
  6. Terima Kode OTP di Situs – Kode OTP akan diterima di situs penyedia layanan, bukan melalui SMS. (1 3)
  7. Salin dan Masukkan Kode OTP – Salin kode OTP tersebut dan masukkan ke aplikasi WhatsApp untuk menyelesaikan verifikasi. (1 3)
  8. Nomor Hangus Setelah Verifikasi – Setelah verifikasi selesai, nomor tersebut akan hangus dan tidak bisa dipakai lagi. (1 3)

Meskipun kurang praktis, cara ini cukup efektif untuk menjaga privasi karena nomor HP asli Anda tidak perlu dicantumkan sama sekali.

Namun, perlu diingat, WhatsApp sering memblokir nomor virtual yang mencurigakan, jadi cara ini mungkin tidak selalu berhasil.

Selain itu, nomor sekali pakai biasanya hanya berlaku untuk jangka waktu terbatas seperti 10-20 menit. (3)

Kesimpulan

Setelah menjelajahi berbagai cara untuk menggunakan WhatsApp tanpa nomor telepon, kita telah membahas beberapa metode yang bisa kamu coba, termasuk mengetahui whatsapp disadap.

Mulai dari memakai nomor telepon rumah, menggunakan aplikasi seperti TextNow, nomor darurat, fitur login tanpa nomor HP di WhatsApp, hingga nomor luar negeri dan sekali pakai.

Setiap metode punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Intinya, meskipun kelihatannya rumit, ada banyak opsi untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp tanpa harus mempublikasikan nomor HP asli kamu.

Semoga tips-tips ini bermanfaat buat kamu. Jangan ragu untuk mencoba dan lihat mana yang paling pas, termasuk cara mengetahui pesan whatsapp dibaca atau tidak..

Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa cek artikel-artikel menarik lainnya di TeknoGPT.com!

FAQ

Bagaimana cara menggunakan nomor telepon rumah untuk verifikasi WhatsApp?

Nomor telepon rumah bisa digunakan dengan memilih opsi verifikasi via panggilan telepon. Kamu akan menerima panggilan yang memberikan kode verifikasi untuk dimasukkan ke WhatsApp.

Apakah ada risiko menggunakan nomor sekali pakai untuk verifikasi WhatsApp?

Ya, ada risiko bahwa WhatsApp mungkin memblokir nomor sekali pakai yang dianggap mencurigakan, jadi cara ini mungkin tidak selalu berhasil.

Apa itu aplikasi TextNow dan bagaimana cara kerjanya untuk verifikasi WhatsApp?

TextNow adalah aplikasi yang menyediakan nomor telepon virtual. Kamu bisa menggunakan nomor ini untuk verifikasi WhatsApp dengan menerima kode OTP melalui aplikasi TextNow.

Apakah nomor darurat bisa digunakan untuk verifikasi WhatsApp di semua jenis HP?

Tidak semua jenis HP atau operator mendukung penggunaan nomor darurat untuk verifikasi WhatsApp. Sebaiknya cek terlebih dahulu kompatibilitasnya.

Apa keuntungan menggunakan nomor luar negeri untuk WhatsApp?

Menggunakan nomor luar negeri bisa menjaga privasi nomor lokal kamu dan juga berguna jika sering bepergian ke luar negeri. Namun, perlu diingat bahwa biaya roaming mungkin berlaku.

Post Terkait :