7+ Langkah Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di Xiaomi

  • TeknoGPT
  • Mei 06, 2023
Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di Xiaomi

Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di Xiaomi – Halo, sobat-sobat Xiaomi! Apakah kamu pernah merasa pusing dengan tampilan ponsel yang penuh dengan aplikasi sampai-sampai jadi susah buat cari yang kamu butuhkan?

Atau, kamu punya aplikasi yang nggak pengin diketahui orang lain? Tenang aja, kita punya solusinya! Kali ini, kita bakal ngobrolin cara menampilkan aplikasi tersembunyi di ponsel Xiaomi, nih! 

Buat yang belum tahu, ponsel Xiaomi punya fitur keren yang bisa nyembunyiin aplikasi. Seru, kan? Tapi, gimana kalo suatu saat kamu pengin nampilin lagi aplikasi yang udah kamu sembunyiin?

Nggak usah bingung, kita punya jawabannya dalam artikel ini! Dari cara pake pengaturan ponsel sampai aplikasi pihak ketiga, kita bakal bahas semuanya, deh!

Selain itu, kita juga bakal ngomongin soal keamanan dan privasi, biar kamu makin yakin dengan keputusanmu buat menyembunyikan aplikasi.

Penasaran? Pasti kamu nggak sabar pengin baca lebih lanjut, kan? Ayolah, langsung aja kita simak artikel Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di Xiaomi dan praktikin ilmu baru ini! Selamat membaca! 

Mengapa Aplikasi Tersembunyi Itu Penting

Misalnya nih Kamu punya foto-foto rahasia atau aplikasi chatting yang nggak mau dilihat orang lain. Nah, makanya aplikasi tersembunyi itu jadi penting banget, guys!

Selain buat jaga-jaga dari kepo-nya temen atau keluarga, ada beberapa alasan lain kenapa aplikasi tersembunyi itu penting. Cekidot, yuk!

Pertama, privasi adalah hal yang wajib dijaga, kan? Ya, dengan menyembunyikan aplikasi tertentu, kamu bisa memastikan nggak ada yang ngintipin isi ponselmu. Semua data pribadi kamu aman terkendali, deh!

Kedua, siapa nih yang suka bete liat layar ponsel yang berantakan? Pasti banyak, kan? Nah, dengan menyembunyikan aplikasi yang jarang dipakai, layar ponsel kamu jadi lebih rapi dan enak dilihat.

Jadi nggak perlu bingung lagi nyari aplikasi yang sering dipakai, karena yang nggak penting udah sukses “dihilangkan”!

Ketiga, kadang-kadang kita punya aplikasi yang emang nggak cocok dilihat orang lain, kan? Misalnya, aplikasi khusus buat ngelacak makanan yang kamu makan atau aplikasi keuangan pribadi.

Nah, dengan menyembunyikan aplikasi ini, kamu bisa tetap menjaga rahasia kecil yang nggak perlu diketahui orang banyak.

Mengaktifkan Fitur Aplikasi Tersembunyi pada Xiaomi

Nah, sekarang kita udah ngerti nih kenapa aplikasi tersembunyi itu penting. Sekarang waktunya kita bahas gimana cara mengaktifkan fitur ini di ponsel Xiaomi.

Tenang aja, caranya nggak ribet kok! Ada dua cara umum yang bisa kamu coba. Yuk, simak baik-baik!

Menggunakan Pengaturan Ponsel

Pertama, kita bisa manfaatin fitur bawaan Xiaomi yang udah ada di sistem operasi MIUI. Jadi, nggak perlu repot-repot download aplikasi tambahan, deh! Cukup ikutin langkah-langkah ini:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel kamu.
  2. Cari opsi Aplikasi Tersembunyi atau App Lock.
  3. Klik opsi tersebut, terus masukin kata sandi, pola, atau sidik jari yang kamu pake.
  4. Nah, sekarang kamu bisa mulai menyembunyikan aplikasi yang kamu mau!

Pake Aplikasi Pihak Ketiga

Kalo kamu merasa fitur bawaan MIUI kurang “greget”, kamu bisa coba pake aplikasi pihak ketiga yang ada di Google Play Store. Beberapa aplikasi yang populer, antara lain:

  1. Nova Launcher
  2. Apex Launcher
  3. ADW Launcher

Yuk, ikutin langkah-langkah berikut buat mengaktifkan fitur aplikasi tersembunyi dengan aplikasi pihak ketiga:

  1. Download dan install salah satu aplikasi launcher yang tadi kita sebutin.
  2. Buka aplikasinya, terus ikutin petunjuk yang ada buat mengatur launcher jadi default.
  3. Buka menu pengaturan launcher, cari opsi aplikasi tersembunyi atau fitur yang mirip.
  4. Klik opsi itu, terus masukin kata sandi, pola, atau sidik jari yang kamu pake.
  5. Voila! Sekarang kamu bisa mulai menyembunyikan aplikasi yang kamu mau!

Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi dengan Pengaturan Ponsel

Udah berhasil menyembunyikan aplikasi? Keren! Nah, sekarang kita bahas gimana caranya menampilkan kembali aplikasi tersembunyi pake pengaturan ponsel Xiaomi. Jangan khawatir, cara ini nggak ribet kok! Langsung aja, yuk!

Langkah-langkah Menampilkan Aplikasi Tersembunyi, Gampang Banget!

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel kamu.
  2. Cari opsi Aplikasi Tersembunyi atau App Lock.
  3. Klik opsi tersebut, terus masukin kata sandi, pola, atau sidik jari yang kamu pake.
  4. Nah, sekarang kamu bakal lihat daftar aplikasi yang udah kamu sembunyiin.
  5. Tinggal klik aplikasi yang mau kamu tampilkan lagi, pilih Tampilkan.
  6. Voila! Aplikasi yang tadi disembunyikan udah muncul lagi di layar utama ponsel kamu.

Solusi Masalah Umum, Jangan Panik!

Kalo kamu ngalamin kesulitan saat menampilkan aplikasi tersembunyi, tenang aja! Cobain dulu beberapa solusi ini:

  1. Pastikan kamu pake versi MIUI yang terbaru. Cek di menu pengaturan, siapa tahu ada update-an yang belum kamu pasang.
  2. Coba restart ponsel kamu. Kadang-kadang, nge-restart bisa jadi solusi ajaib buat berbagai masalah, termasuk masalah aplikasi tersembunyi yang bandel ini.
  3. Kalo masih nggak bisa juga, coba cek forum atau komunitas Xiaomi buat cari solusi. Siapa tahu ada pengguna lain yang mengalami masalah yang sama dan udah nemu cara ngatasinnya.

Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Nah, sekarang kita bahas cara lainnya buat menampilkan aplikasi tersembunyi, yaitu pake aplikasi pihak ketiga. Cara ini nggak kalah seru, kok! Jadi, yuk simak baik-baik!

Aplikasi Rekomendasi, Pilih yang Terbaik!

Kalo kamu pengin coba pake aplikasi pihak ketiga, berikut ini beberapa aplikasi yang udah kita pilihin buat kamu:

  1. Nova Launcher
  2. Apex Launcher
  3. ADW Launcher

Yuk, pilih salah satu aplikasi yang menurut kamu paling oke! Pasang aja di ponsel kamu, terus kita lanjut ke langkah-langkahnya.

Langkah-langkah Menampilkan Aplikasi Tersembunyi

  1. Pertama, unduh dan instal aplikasi launcher yang udah kamu pilih tadi.
  2. Buka aplikasi tersebut, terus ikuti petunjuk yang ada buat mengatur launcher jadi default. Nggak usah bingung, biasanya aplikasinya udah ada petunjuknya kok!
  3. Buka menu pengaturan launcher, cari opsi aplikasi tersembunyi atau fitur serupa. Setiap aplikasi bisa beda-beda, jadi teliti aja, ya!
  4. Klik opsi tersebut, terus masukkan kata sandi, pola, atau sidik jari yang kamu pake.
  5. Tada! Sekarang kamu akan melihat daftar aplikasi yang disembunyikan.
  6. Klik aplikasi yang ingin kamu tampilkan lagi, pilih Tampilkan atau Unhide.
  7. Voila! Aplikasi yang tadi disembunyikan udah muncul kembali di layar utama ponsel kamu.

Keamanan dan Privasi

Selain bisa bikin ponsel kita kelihatan lebih rapi, ternyata aplikasi tersembunyi juga punya peran penting dalam keamanan dan privasi kita, loh! Wah, siapa sangka, kan? Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang hal ini!

Pentingnya Keamanan Aplikasi Tersembunyi, Jangan Disepelekan!

Tau nggak sih, ternyata aplikasi tersembunyi itu punya peran penting dalam menjaga keamanan dan privasi kita.

Salah satunya, dengan menyembunyikan aplikasi yang mengandung informasi pribadi, kita bisa mencegah orang lain mengaksesnya tanpa izin.

Ini nih beberapa alasan kenapa keamanan aplikasi tersembunyi itu penting:

  1. Mencegah pencurian data: Dengan menyembunyikan aplikasi yang mengandung informasi pribadi, kita bisa mengurangi risiko pencurian data oleh hacker atau orang yang nggak bertanggung jawab.
  2. Menjaga privasi: Tentu aja kita nggak mau kan, orang lain tahu tentang kehidupan pribadi kita? Nah, dengan menyembunyikan aplikasi yang berhubungan dengan kehidupan pribadi, kita bisa menjaga privasi kita lebih baik lagi.
  3. Melindungi akun: Terkadang, aplikasi yang kita sembunyikan juga berhubungan dengan akun pribadi kita, seperti akun email atau media sosial. Dengan menyembunyikan aplikasi ini, kita bisa melindungi akun kita dari ancaman keamanan.

Tips untuk Menjaga Keamanan dan Privasi, Jangan Asal Nge-hide Aja!

Nah, sekarang kita udah tau pentingnya keamanan aplikasi tersembunyi. Tapi, gimana sih caranya menjaga keamanan dan privasi kita dengan lebih baik? Simak tips berikut ini, yuk!

  1. Selalu gunakan kata sandi, pola, atau sidik jari yang kuat buat melindungi aplikasi tersembunyi. Jangan pake yang mudah ditebak, ya!
  2. Jangan lupa buat update sistem operasi dan aplikasi yang kamu pake. Dengan update, kamu bisa mendapatkan fitur keamanan yang lebih baik.
  3. Kalo kamu pake aplikasi pihak ketiga, pastikan kamu pilih aplikasi yang punya reputasi bagus dan udah banyak direkomendasikan pengguna lain.
  4. Terakhir, jangan lupa buat selalu waspada. Kalo ada yang mencurigakan, segera tindak lanjuti. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Kesimpulan

Nah, sobat-sobat Xiaomi, udah pada ngerti kan sekarang tentang cara menampilkan aplikasi tersembunyi di ponsel Xiaomi? Ternyata nggak susah, kan?

Dengan fitur bawaan MIUI atau aplikasi pihak ketiga, kamu bisa dengan mudah menyembunyikan dan menampilkan kembali aplikasi yang kamu inginkan.

Selain bikin ponsel kamu kelihatan lebih rapi, aplikasi tersembunyi juga bisa melindungi keamanan dan privasi kamu, loh!

Ingat, gunakan aplikasi tersembunyi dengan bijak ya! Jangan lupa buat selalu menjaga keamanan dan privasi dengan tips yang udah kita bahas tadi.

Kalo kamu merasa bingung atau menemukan masalah, jangan ragu buat mencari solusi di forum atau komunitas Xiaomi. Kita saling bantu, kan?

Yuk, sekarang waktunya kita praktikin ilmu baru ini! Cobain deh cara-cara yang udah kita bahas tadi. Siapa tahu, aplikasi tersembunyi ini bisa jadi andalan kamu buat menjaga privasi dan keamanan ponsel Xiaomi kesayangan.

Nah itulah artikel mengenai¬†Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di Xiaomi, semoga artikel in bisa membantu memecahkan masalahmu ya…

Jangan lupa untuk baca artikel TeknoGPT lainnya yaa

FAQ

Apakah menyembunyikan aplikasi bisa bikin ponsel saya lebih cepat?

Menyembunyikan aplikasi nggak secara langsung bikin ponsel jadi lebih cepat, tapi bisa membantu mengurangi clutter di layar, jadi kamu lebih mudah mencari aplikasi yang kamu butuhkan. Buat performa ponsel yang lebih cepat, coba bersihkan cache dan hentikan aplikasi yang nggak perlu berjalan di latar belakang, ya!

Apakah fitur aplikasi tersembunyi ini tersedia di semua tipe ponsel Xiaomi?

Fitur aplikasi tersembunyi ini ada di hampir semua tipe ponsel Xiaomi dengan MIUI versi terbaru. Tapi, sebaiknya cek dulu di pengaturan ponsel kamu untuk memastikan fitur ini tersedia atau nggak.

Apakah aplikasi tersembunyi ini bisa nyembunyiin semua aplikasi, termasuk bawaan ponsel?

Fitur aplikasi tersembunyi ini bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi yang kamu pasang sendiri. Untuk aplikasi bawaan, tergantung pada ponsel dan MIUI-nya. Coba aja dulu, siapa tahu bisa!

Saya lupa kata sandi aplikasi tersembunyi, gimana ya cara buka lagi?

Waduh, kalau kamu lupa kata sandi, kamu bisa coba buka pengaturan keamanan ponsel kamu. Biasanya ada opsi buat reset kata sandi di situ. Kalau masih kesulitan, coba cari solusi di forum atau komunitas Xiaomi.

Apakah aplikasi pihak ketiga yang direkomendasikan aman digunakan?

Aplikasi pihak ketiga yang kita sebutkan di artikel ini udah banyak dipakai dan direkomendasikan pengguna lain. Tapi, tetap aja kamu harus selalu waspada dan teliti dalam memilih aplikasi. Selalu cek review dan izin yang diminta sebelum memasang aplikasi, ya!

Post Terkait :