4+ Langkah Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps iPhone, Praktis!

  • TeknoGPT
  • Mei 18, 2023
Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps iPhone

Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps iPhone – Pernah denger tentang fitur ganjil genap di Google Maps? Atau mungkin pernah kebingungan karena terjebak di jalanan yang terkena aturan ganjil genap?

Nah, jangan khawatir! Kali ini, kita akan ngobrolin seputar fitur keren ini di Google Maps, yang bakal bikin perjalanan kamu makin lancar dan nyaman.

Dalam artikel ini, kita bakal bahas berbagai keuntungan menggunakan fitur ganjil genap di Google Maps, mulai dari menghindari denda, hemat waktu, sampai mengurangi kemacetan.

Selain itu, kita juga akan membahas cara mengaktifkan fitur ini di iPhone, lengkap dengan tips dan trik yang berguna buat kamu.

Penasaran? Ayo, lanjut baca artikel ini dan jadilah pengendara yang bijak dengan memanfaatkan fitur ganjil genap di Google Maps!

Dijamin, setelah baca artikel ini, kamu bakal lebih percaya diri dan siap menghadapi jalanan dengan aturan ganjil genap. Selamat membaca, dan mari jadi pengendara yang patuh aturan!

Pengenalan Sistem Ganjil Genap dan Google Maps

1. Sistem Ganjil Genap

Hei, kamu tahu nggak sih tentang sistem ganjil genap? Nah, sistem ini adalah salah satu cara yang dipakai pemerintah kota besar, seperti Jakarta, buat ngurangin kemacetan lalu lintas.

Gimana caranya? Sederhana aja kok! Sistem ini ngebatasin kendaraan yang boleh jalan berdasarkan nomor pelatnya.

Jadi, kendaraan dengan nomor pelat ganjil bisa jalan di hari tertentu, dan genap di hari lainnya. Lumayan kan, buat ngurangin macet di jalan raya!

2. Google Maps

Nah, sekarang mari kita kenalan sama Google Maps. Ini adalah aplikasi peta digital yang bener-bener berguna buat kita semua. Dari cari alamat sampai menghindari macet, Google Maps udah jadi teman setia kita saat berkendara.

Apalagi, aplikasi ini juga punya fitur ganjil genap yang bisa ngebantu kita ngikutin aturan ganjil genap tanpa ribet.

Keuntungan Menggunakan Google Maps untuk Navigasi Ganjil Genap

Siapa sih yang nggak suka dengan keuntungan? Nah, kali ini kita bakal ngobrolin tentang keuntungan yang bisa kita dapetin dengan menggunakan fitur ganjil genap di Google Maps. Seru, kan? Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Menghindari Denda

Nggak ada yang mau kena denda gara-gara melanggar aturan ganjil genap, kan? Nah, dengan Google Maps, kita bisa ngelak dari denda dengan mudah!

Pasalnya, aplikasi ini bakal ngasih tau kita rute mana yang aman buat kita jalanin sesuai aturan ganjil genap. Jadi, nggak perlu takut lagi deh kena denda karena salah jalan!

2. Hemat Waktu

Waktu adalah uang, teman-teman! Makanya, kita perlu pintar-pintar ngatur waktu, termasuk saat berkendara. Google Maps dengan fitur ganjil genap-nya bisa bantuin kita hemat waktu dengan ngasih tau rute alternatif yang mematuhi aturan ganjil genap.

Jadi, kita nggak perlu keliling-keliling cari jalan sendiri atau kena macet gara-gara melanggar aturan. Mantap, kan?

3. Mengurangi Kemacetan

Kemacetan emang bikin pusing tujuh keliling, ya! Tapi tenang aja, dengan bantuan Google Maps yang udah nyediain fitur ganjil genap, kita bisa ikut ngeringanin beban lalu lintas.

Gimana caranya? Ya, dengan mengikuti rute yang disarankan oleh Google Maps yang mematuhi aturan ganjil genap, kita udah ngurangin kemacetan di jalan.

Bukan cuma kita aja yang untung, tapi juga orang-orang yang lagi berkendara di sekitar kita. Wah, kebaikan yang berlipat, nih!

Cara Mengaktifkan Fitur Ganjil Genap di Google Maps iPhone

Nah, sekarang kita bakal ngobrolin gimana sih caranya ngaktifin fitur ganjil genap di Google Maps iPhone? Tenang aja, nggak ribet kok!

Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini, dan kamu bakal bisa menikmati fitur keren ini dengan mudah. Ayo, kita mulai!

Langkah 1: Buka Aplikasi Google Maps

Pertama-tama, buka aplikasi Google Maps di iPhone kamu. Pastikan kamu udah punya aplikasinya, ya! Kalo belum, yuk buruan download dan install dulu di App Store.

Langkah 2: Masukkan Tujuan Anda

Sudah buka aplikasinya? Oke, sekarang ketuk kotak pencarian di atas, terus masukin alamat tujuan kamu. Kalo kamu mau lebih praktis, bisa juga pake fitur pencarian suara dengan nge-tap ikon mikrofon. Seru, kan?

Langkah 3: Pilih Opsi Rute

Setelah masukin tujuan, Google Maps bakal ngasih kamu beberapa pilihan rute. Sebelum milih rute, jangan lupa perhatiin ikon kendaraan yang ada di pojok kanan atas layar, ya. Pastiin kamu udah pilih mode “Mobil” biar bisa pake fitur ganjil genap.

Langkah 4: Aktifkan Fitur Ganjil Genap

Udah pilih mode “Mobil”? Mantap! Sekarang, ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas buat buka menu. Gulir ke bawah sampe nemu “Pengaturan”, terus ketuk deh. Nah, di sini kamu bakal nemu opsi “Preferensi Pengemudi”.

Ketuk, terus aktifin pilihan “Hindari jalan yang terkena aturan ganjil genap” dengan geser tombol ke posisi “Nyala”. Voila! Sekarang Google Maps bakal ngasih tau kamu rute yang sesuai aturan ganjil genap. Gampang, kan?

Tips dan Trik Menggunakan Google Maps untuk Navigasi Ganjil Genap

Setelah tahu cara mengaktifkan fitur ganjil genap di Google Maps, kita lanjut ke tips dan trik yang bakal bikin pengalaman navigasi kamu makin maksimal. Penasaran? Yuk, simak tips berikut ini!

1. Pastikan Informasi Kendaraan Anda Benar

Nih, tips pertama yang penting banget: pastikan informasi kendaraan kamu bener! Biar Google Maps bisa ngasih rute yang tepat sesuai aturan ganjil genap, kamu harus memeriksa dulu nomor pelat dan jenis kendaraan yang terdaftar di aplikasi. Jangan sampe salah, ya!

2. Update Aplikasi Google Maps

Mau dapet fitur terbaru, perbaikan bug, dan peningkatan kinerja? Jangan lupa selalu update aplikasi Google Maps di iPhone kamu!

Dengan aplikasi yang selalu up-to-date, pengalaman navigasi kamu bakal makin lancar dan menyenangkan. Seru, kan?

3. Gunakan Mode Lalu Lintas

Kemacetan bikin pusing? Tenang, coba deh aktifkan mode lalu lintas di Google Maps! Mode ini bakal nampilin kondisi lalu lintas secara real-time, jadi kamu bisa tau jalanan yang lagi macet dan menghindarinya.

Dengan mode lalu lintas, kamu bisa sampai tujuan dengan lebih cepat dan lancar. Mantap, deh!

Kesimpulan

Nah, di atas tadi kita udah ngobrolin berbagai hal seputar fitur ganjil genap di Google Maps, mulai dari keuntungannya, cara mengaktifkannya, sampai tips dan trik yang berguna buat kita semua.

Kini, kita bisa semakin percaya diri untuk berkendara dengan patuh pada aturan ganjil genap, sekaligus mengurangi kemacetan dan hemat waktu, semuanya berkat Google Maps!

Dengan Google Maps, kita nggak perlu khawatir kena denda atau tersesat karena rute yang disarankan udah sesuai aturan ganjil genap. Jadi, yuk mulai sekarang, aktifkan fitur ini dan nikmati perjalanan yang lebih lancar dan nyaman.

Terus, jangan lupa selalu perbarui aplikasi Google Maps dan gunakan mode lalu lintas biar kamu bisa menghindari kemacetan. Tentunya, jangan lupa juga pastikan informasi kendaraan kamu benar, ya!

Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan penggunaan fitur ganjil genap di Google Maps.

Nah sekian artikel mengenai Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps iPhone semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua ya…

FAQ

Apakah fitur ganjil genap di Google Maps bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan?

Fitur ganjil genap di Google Maps sebenarnya fokus pada kendaraan pribadi, seperti mobil. Namun, untuk kendaraan lain seperti motor atau angkutan umum, kamu tetap bisa menggunakan Google Maps untuk mengetahui informasi lalu lintas dan rute terbaik, meskipun fitur ganjil genap mungkin tidak sepenuhnya relevan.

Bagaimana jika saya menggunakan Android, apakah cara mengaktifkan fitur ganjil genap sama dengan di iPhone?

Cara mengaktifkan fitur ganjil genap di Google Maps pada perangkat Android hampir sama dengan di iPhone. Beberapa langkah mungkin sedikit berbeda, tetapi pada dasarnya kamu hanya perlu membuka aplikasi, memasukkan tujuan, memilih mode “Mobil”, dan mengaktifkan pilihan “Hindari jalan yang terkena aturan ganjil genap” di Pengaturan.

Apakah fitur ganjil genap di Google Maps selalu akurat?

Google Maps berusaha memberikan informasi yang akurat mengenai rute yang sesuai dengan aturan ganjil genap. Namun, kadang-kadang ada kemungkinan informasi yang kurang tepat atau terlambat diperbarui. Oleh karena itu, selalu bijaksana untuk memeriksa informasi dari sumber lain dan tetap waspada saat berkendara.

Apakah ada aplikasi lain selain Google Maps yang juga memiliki fitur ganjil genap?

Ya, ada beberapa aplikasi navigasi lain yang juga menawarkan fitur serupa, seperti Waze. Setiap aplikasi mungkin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi kamu bisa mencoba beberapa aplikasi dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Apakah fitur ganjil genap di Google Maps tersedia di semua negara?

Fitur ganjil genap di Google Maps mungkin tidak tersedia di semua negara, karena aturan ganjil genap tidak diberlakukan di mana-mana. Namun, di negara atau kota yang menerapkan aturan ganjil genap, Google Maps biasanya akan mendukung fitur ini agar pengguna dapat menavigasi dengan lebih mudah dan patuh aturan.

Post Terkait :